MENCERITAKAN ORANG SHOLEH TURUN RAHMAT
وقال بعضهم :
إذا ذكر الصالحون في مجلس نزلت الرحمة، وخلق الله منها سحابة لا تمطر إلا فى أرض الكفر، وكل من شرب من مائها أسلم،
وفي رواية : من أصابه ماؤها.
وكان معروف الكرخي يقول : عند ذكر الصالحين تنزل الرحمة، فقيل له فعند ذكر الله ماذا ينزل؟
فأغمي عليه ثم أفاق، فقال : الطمأنينة، قال تعالى : ألا بذكر الله تطمئن القلوب.
قال الإمام الغزالى : معنى نزول الرحمة نزول سببها إذ هي دخول الجنة، وسببها انبعاث القلوي للإقتداء بهم والإستنكاف مما هو ملابسه من القصور والتقصير، ومبدأ الرحمة فعل الخير، ومبدؤه الرغبة، ومبدؤها ذكر أحوال الصالحين.
ومفهومه أنه عند ذكر الفاسقين تنزل اللعنة لأنهو يهون أمر المعاصى، واللعنة البعد، ومبدؤها المعاصي، ومبدؤها سقوط ثقلها وتفحشها عن القلب.
قال سيد على وفا : من أراد أن يكون في حفظ من الفسقة فليخدم الصالحين.
إسعاد الرفيق ج ٢ ص ٢٤
Berkata sebagian ulama :
Tatkala di kisahkan orang2 sholih disuatu majlis maka turunlah rohmat, dan allah swt ciptakan dari rohmat itu awan yang tidak akan menghujani kecuali di tanah kekufuran ( suatu tempat yang penghuninya orang2 kafir ) setiap orang kafir yang meminum air hujan itu niscaya ia masuk islam dalam riwayat lain setiap orang kafir yang terkena air hujan itu meski tidak meminumnya niscaya ia masuk agama islam.
Sungguh imam ma'ruf alkurkhi berkata :
Tatkala diceritakan orang2 sholih maka turunlah rohmat, kemudian beliau ditanya, lalu pada saat dzikir kepada allah apa yang turun ?
Kemudian imam alkurkhi pingsan setelah beliau siuman beliau menjawab :
Saat dzikir kepada allah yang diturunkan adalah ketentraman hati sebagaimana allah swt berfirman
ألا بذكر الله تطمئن القلوب
Al imam al ghozali berkata :
Ma'na nuzul alrohmah adalah turun sebabnya karena rohmat allah yang dimaksud adalah masuk kedalam surga
Adapun sebab rohmat adalah berangkatnya hati untuk meneladani orang2 sholih dan sombong dari kelalaian hati dan permulaan rohmat adalah berbuat kebaikan dimulai dengan ketertarikan dan ketertarikan untuk berbuat kebaikan berawal dari di kisahkannya cerita orang2 sholih
Jika dengan dikisahkan orang2 sholih akan turun rohmat maka mafhumnya dengan dikisahkan tentang cerita orang2 fasiq maka akan turun laknat karna mengentenkan urusan maksiyyat laknat artinya jauh dari rohmat allah yang berawal dari maksiyyat dan maksiyyat berawal dari kekotoran hati
Sayyidi 'Ali Wafa mengatakan :
Siapa orang yang menginginkan ada dalam penjagaan dari orang2 fasiq maka hendaklah berkhidmat kepada orang2 sholih.
Komentar
Posting Komentar