KAROMAH WALI SETELAH WAFAT

KAROMAH SETELAH WAFAT

قال الشيخ السيد أحمد بن محمد مكى،ابو العباس شهاب الدين الحسيني الحموي المصري الحنفي أخذ العلم من الشيخ الأجهوري وابن علان والطوخي واللقاني وغيرهم في في كتابه نفحات القرب والاتصال بإثبات التصرف للأولياء بعد الإنتقال

ذكر الشيخ العارف بالله سيدي عبد الوهاب الشعراني في كتابه "الجواهر والدر " ان بعض مشايخه ذكر له ان الله يوكل بقبر الولي ملكاً يقضى حوائج الناس كما وقع للإمام الشافعي وسيدة نفيسة وسيدي احمد البدوى. وتارة يخرج الولي من قبره بنفسه يقضى حوائج الناس لأن للأولياء الإنطلاق في البرزخ والسراج لأرواحهم.

Syekh Al Arif billah sayyid Abdul Wahhab As Sya'rani mengatakan didalam kitabnya "Aljawahir waddurr"; sesungguhnya sebagian gurunya menuturkan;bahwa sesungguhnya ALLAH mewakilkan malaikat di kuburan nya seorang wali untuk menunaikan hajat orang2. Dan terkadang seorang wali keluar dr kuburnya untuk memenuhi kebutuhan manusia.....

قلت الدليل على ذلك: ان الكرامة بعد الموت امر ممكن وكل ممكن جائز الوقوع فالكرامة بعد الموت جائز الوقوع.

وهو ما نقله الحافظ عبد العظيم المنذري في كتاب الترغيب والترهيب حيث قال عن ابن عباس رضي الله عنهما قال ضرب بعض الصحابة خباءه على قبره وهو لا يحسب انه قبر فاذا هو قبر انسان يقرا سورة الملك حتى ختمها فأتي النبي صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله ضربت خبائي على قبر وانا احسب انه بئر فاذا هو قبر انسان يقرا سورة الملك فقال النبي صلى الله عليه وسلم هي المنجية هي المانعة من عذاب القبر. رواه الترمذي وقال حديث غريب ورواه الحاكم

وهذا دليل على وقوع الكرامة بعد الموت بتقرير النبي صلى الله عليه وسلم.. وتقريره دليل شرعي تثبت به الأحكام.

Dalilnya adlh : sesungguhnya karomah setelah wafatnya wali itu adlh perkara yg mungkin dan hal yg mungkin itu boleh /bisa terjadi, adapun karomah sesudah wafat itu mungkin /boleh terjadi.

Alhafidz Abdul Adzim Al Mundziri menukil di dalam kitabnya "Attarghib wattarhiib"; Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu, beliau mengatakan: Sebagian sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam, pernah mendirikan sebuah kemah di atas kuburan. Sahabat tersebut tak menyangka bahwasanya tanah itu merupakan kuburan. Tiba-tiba di dalam kuburan itu terdengar ada orang sedang membaca surat Al-Mulk sampai selesai. Lantas, sahabat mendatangi Nabi shollallahu alaihi wa sallam, serta memberitahukannya kepada Beliau. Lalu Beliau bersabda: Surat Al-Mulk itu merupakan Munjiyah (penyelamat) serta Mani’ah (penghalang), yng bisa menyelamatkannya dari siksa kubur”. Diriwayatkan imam Turmudzi dan Hakim.

وفي شرح مقدمة الامام ابن الليث السمرقندي الحنفي الفاضل القرماني ما نصه :ومن كرامات الامام ابي حنيفة رحمه الله تعالى بعد الموت ما رواه الأئمة انه لما غسل ظهر على جانبه سطر قوله تعالى (يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ، ارْجِعِي إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً مَرْضِيَّةً، فَادْخُلِي فِي عِبَادِي، وَادْخُلِي جَنَّتِي) [Surat Al-Fajr 27 - 30] 
وعلى يده اليمنى قوله تعالى (ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ) [Surat An-Nahl 32]

وعلى يده اليسرى قوله تعالى (إِنَّا لَا نُضِيعُ أَجْرَ مَنْ أَحْسَنَ عَمَلًا) [Surat Al-Kahfi 30]

وعلى بطنه قوله تعالى (يُبَشِّرُهُمْ رَبُّهُمْ بِرَحْمَةٍ مِنْهُ وَرِضْوَانٍ وَجَنَّاتٍ لَهُمْ فِيهَا نَعِيمٌ مُقِيمٌ) [Surat At-Taubah 21]

ولما وضعوه على الجنازة سمع صوت هاتف يقول : يا قائم اليل طويل القيام  كثير التهجد كثير الصيام اباحك السيد دار السلام

ولما وضع في قبره سمع هاتفا يقول (فَرَوْحٌ وَرَيْحَانٌ وَجَنَّتُ نَعِيمٍ) [Surat Al-Waqi'ah 89]

Disebutkan di dalam syarah muqaddimahnya imam ibn allais Assamraqandi; Diantara karomahnya imam Hanafi setelah wafatnya adalah, ketika jenazahnya di mandikan muncul disampingnya garisan/gambar ayat 27-30 surat alfajr, dan diatas tangan kanannya muncul tulisan ayat 32 surat annakhl, dan ditangan kiri nya tulisan ayat 30 surat alkahfi, dan diperutnya ayat 21 surat attaubah. Dan ketikah jenazah beliau di bawa ke pemakaman terdengar suara tanpa rupa (hatif): wahai orang yang selalu qiyamul lail disepanjang malam, yg banyak tahajjud dan puasa, Tuhanmu telah membolehkan masuk surga. Dan ketika jenazah beliau diletakkan di kuburan terdengar suara hatif ; "maka dia memperoleh ketentraman dan rejeki, serta surga kenikmatan." surat Al waqiah ayat 89.

[ Nafahatul Qurbi wal Ittishal karya Sayyid Ahmad bin Muhammad Makki Abul Abbas Syihabuddin Alhusaini Alhamawi Alhanafi ]

الكرامة هي ما يظهر على يد عبد ظاهر الصلاح

- KAROMAT adalah kejadian yang diluar hukum biasa munculnya dari hamba yang jelas kesalihannya ( para auliya ).

وأثبتن للأولياء الكرمة # ومن نفاها انبذن كلامه.

I'tiqodkanlah bahwa jawaz hukumnya para auliya dianugerahkan karomah oleh allah swt, baik semasa hidup ataupun setelah wafatnya.

وليس في مذهب من المذاهب الأربعة قول بنفيها بعد الموت، بل ظهورها حينئذ أولى، لأن النفس حينئذ صافية من الأقدار

Dan tidak ada satupun pendapat madzhab dari 4 madzhab yang menafikan adanya karomah setelah wafat, justru tampaknya karomah setelah wafat itu lebih utama, karena jiwa setelah wafat itu bersih dari kekotoran.

ولذا قيل : من لم تظهر كرامته بعد موته كما كانت في حياته فليس بصادق.

Oleh karenanya disebutkan : siapa wali yang tidak tampak karomah setelah kewafatannya, sebagaimana karomah yang tampak semasa hidupnya, maka itu bukan wali yang sesungguhnya.

وقال الشعراني : ذكر لي بعض المشايخ أن الله تعالى يوكل بقبر الولي ملكا، يقضى الحوائج وتارة يخرج الولي من قبره ويقضيها بنفسه.

Berkata Imam as sya'roni: sebagian masyayikh telah menceritakan kepadaku bahwa sesungguhnya allah swt mewakilkan satu malaikat di kuburan wali untuk memenuhi hajat hajat, di lain waktu wali itu yang keluar dari kuburnya untuk memenuhi hajat.

جوهرة التوحيد

Komentar

Postingan Populer