Bayi Laki-laki belum Khitan meninggal

CARA TAJHIZ BAYI LAKI-LAKI MENINGGAL SEBELUM DI KHITAN

Pertanyaan :

a. Apakah bayi laki-laki yang meninggal sebelum dikhitan wajib dimandikan?
b. Jika tidak wajib dimandikan, apakah wajib ditayammumi?
c. Wajibkah mengkhitan mayit tersebut demi membersihkan najis didalam qulfahnya?

Jawaban :

a. Bayi laki-laki yang meninggal sebelum dikhitan tidak boleh dimadikan, sebab syaratnya mandi (ghuslu) air wajib merata keseluruh tubuh termasuk kulit didalam qulfah/quluf, sedangkan kemaluan yang tidak dikhitan didalam qulfahnya tidak bisa ditembus air.

b. Tafsil plus khilaf

✔ Apabila sesuatu yang ada didalam qulfah itu suci maka wajib ditayammumi dengan kesepakatan imam Romli dan imam ibnu Hajar.

✔ Apabila sesuatu yang ada didalam qulfah itu najis khilaf _

1). Menurut imam Romli tidak boleh dimandikan dan tidak boleh ditayammumi (karna syaratnya tayammum harus suci dari najis) dan tidak boleh juga di shalati (karna syaratnya shalat janazah harus setelah dimandikan), tetapi menurut beliau langsung dikubur tanpa dimandikan dan tanpa disholati seperti orang yang tidak menemukan air dan debu (فاقد الطهورين).

2). Menurut imam ibnu Hajar, tetap wajib ditayammumi meskipun sesuatu yang ada didalam qulfah itu najis, dengan alasan karena dlorurot.

Syekh Ibrohim Al Bajuri mengatakan, dianjurkan supaya taqlid kepada imam Ibnu Hajar, karna mengubur mayit tanpa dishalati termasuk tidak memulyakan mayit. Berarti bila mengikuti pendapat imam ibnu Hajar pertama ditayammumi kedua dishalati ketiga diqubur.

c. Tidak wajib, bahkan haram mengkhitannya.

Refrensi :

حاشية الباجوري الجزأ الأول صحـ : ٢٥٧
(قوله تعميم بدنه بالماء) وَمَا تَحْتَ قُلْفَةِ الْأَقْلَفِ فَلَا بُدَّ مِنْ فَسْخِهَا وَغَسْلِ مَاتَحْتَهَا إنْ تَيَسَّرَ وَإِلَّا فَإِنْ كَانَ مَا تَحْتَهَا طَاهِرًا يُمِّمَ عَنْهُ وَإِنْ كَانَ نَجِسًا فَلَا يُيَمَّمُ بَلْ يُدْفَنُ بِلَا صَلَاةٍ كَفَاقِدِ الطَّهُورَيْنِ عَلَى مَا قَالَهُ الرَّمْلِيُّ لِأَنَّ شَرْطَ التَّيَمُّمِ إزَالَةُ النَّجَاسَةِ وَقَالَ ابْنُ حَجَرٍ يُيَمَّمُ لِلضَّرُورَةِ وَيَنْبَغِي تَقْلِيدُهُ لِأَنَّ فِي دَفْنِهِ بِلَا صَلَاةٍ عَدَمَ احْتِرَامٍ لِلْمَيِّتِ كَمَا قَالَهُ شَيْخُنَا

فتح المعين وحاشية إعانة الطالبين الجزأ الأول صحـ : ٩٢
(وما تحت قلفة) من الاقلف فيجب غسل باطنها لانها مستحقة الازالة، إلى أن قال وأما الميت فحيث لم يمكن غسل ما تحتها لا تزال لأن ذلك يعد إزراء به، ويدفن بلا صلاة، على المعتمد عند الرملي، وعند ابن حجر ييمم عما تحتها ويصلى عليه للضرورة.

حاشية الشرواني الجزأ الثالث صحـ : ١١٣
وَعَلَى كُلٍّ فَيَحْرُمُ قَطْعُ قُلْفَتِهِ وَإِنْ عَصَى بِتَأْخِيرِهِ اهـ.


Komentar

Postingan Populer